Sabtu, 11 Agustus 2012

Tips Membersihkan Lantai Keramik, Marmer, Tegel dan Kayu@iniunik - INIUNIK.WEB.ID Memiliki lantai bersih, terawat dan enak dipandang tentunya menjadi hal yang selalu ditekankan pemilik rumah. Lantai rumah memiliki banyak bahan di antaranya keramik, marmer, bahkan juga kayu. Berikut redaksi @iniunik mencoba merangkumkan bagaimana cara kita untuk membersihkan jenis-jenis lantai tersebut :

Lantai Keramik
Tips Membersihkan Lantai Keramik, Marmer, Tegel dan Kayu - www.iniunik.web.id

  1. Lantai keramik harus rajin di dilap atau disapu saat kotor. Ini dilakukan untuk menghindari butiran pasir yang dapat menyebabkan goresan dan permukaan keramik.
  2. Pel lantai dengan air bersih atau sabun, secara berkala minimali 4 kali sehari
  3. Hindari penggunaan pembersih lantai yang mengandung asam sulfat dan HCL yang tinggi. Kandungan asam ini menyebabkan lapisan glazur keramik rusak sehingga kelihatan cepat kusam.
  4. Hindari penggunaan cairan pembersih keramik yang mengandung pewangi. Cairan ini biasanya membuat bercak- bercak kotor pada permukaan keramik.
  5. Gunakan larutan kimia untuk menghilangkan noda dan kotoran yang membendel, namun perlu memperhatikan untuk tidak membasahi seluruh permukaan lantai keranik. Membasahi bagian yang terkena noda.
  6. Gosok keramik lantai kamar mandi menggunakan sikat dengan bulu sikat yang tidak terlalu keras atau kasar karena dapat menyebabkan goresan pada lapisan keramik atau nat.

Lantai Marmer

Tips Membersihkan Lantai Keramik, Marmer, Tegel dan Kayu - www.iniunik.web.id
Agar selalu tampil cemerlang, lantai marmer mesti dipoles marmer dan poles teraso secara teratur. Menggunakan mesin poles marmer dan poles teraso memang solusi yang terbaik, namun biayanya terlalu mahal.

Sebenarnya ada cara yang lebih murah dan mudah untuk mengkilapkan kembali lantai marmer anda. Pertama-tama, pel lantai dengan cairan pembersih lantai. Setelah kering, oleskan krim yang biasa digunakan untuk memoles badan mobil anda ke seluruh permukaan lantai marmer atau anda bisa hubungi jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Tunggu beberapa saat agar krim poles itu meresap.

Setelah dirasa cukup meresap, gosok lantai marmer dengan sabut cuci piring (spons yang berwarna hijau) sampai krim benar-benar hilang bisa juga dengan jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Bersihkan bekas krim dengan sapu, lalu pel lantai seperti biasa. Jika anda rajin mengulangi langkah ini setiap 2—3 bulan sekali, lantai marmer anda akan selalu kinclong seperti baru.

Marmer merupakan batu alam lunak yang di dapat dari proses pembentukan sedimen kapur keras yg membatu. Karena sifatnya lunak biasanya bahan ini pada saat dipasang dikeraskan dengan suatu proses namanya proses kristalisasi yang fungsinya membuat lantai marmer menjadi keras dan mengkilat.

Namun proses ini hanya sementara dan perlu dilakukan proses kristalisasi ulang.

Proses kristalisasi basanya dilakukan dengan 2 cara yaitu :
  1. Proses pemampatan. Prinsip dengan cara menutup pori dari marmer biasanya dengan menggunakan bahan marble powder 47 yang berfungsi menutup pori2 marmer dan membuatnya menjadi mengkilap.
  2. Proses coating. Prinsip kerjanya sama menutup pori menggunakan lapisan film tipis sehingga permukaan marmer lebih mengkilap. Biasanya menggunakan lapisan acrilyc 47

Dari kedua cara ini sama-sama efektif hanya saja ada beberapa perbedaan

cara pemampatan lebih bertahan lama di bandingkan dengan cara coating hanya saja prosesnya berjalan lebih lama.

Dan cara coating prosesnya sangat cepat dibandingkan cara pemampatan hanya saja umur kilapnya lebih pendek

Keduanya memiliki keunggulan tinggal kita memilih mau cara apa

Lantai marmer memerlukan perawatan khusus agar tampak selalu berkilap tanpa merubah warna aslinya. Oleh karena itu perlu dilakukan proses Kristalisasi Lantai dengan pemolesan atau Poles Marmer menggunakan produk kristalisasi yang diciptakan khusus untuk Kristalisasi Marmer : PASTA BLANCA crystallizing powder yang dikhususkan untuk pengerjaan menyeluruh pada waktu general cleaning, dan TERRANOVA crystallizing liquid untuk perawatan sehari-hari (daily maintenance) dengan cara pengerjaan yang sangat mudah (Poles Marmer).

Lantai marmer harus dibersihkan dengan cairan pembersih poles marmer yang bersifat netral agar tidak merusak permukaan lantai dan keaslian warnanya selalu terjaga. MARBLE KLIN adalah pembersih lantai atau poles marmer bersifat netral yang diformulasikan secara khusus untuk perawatan sehari-hari lantai marmer. Selain itu, permukaan lantai marmer perlu selalu dijaga agar bebas dari debu/pasir yang bila bergesekan dengan alas sepatu dapat menggerus permukaan lantai dan menghasilkan goresan, sehingga kilap pada permukaan lantai menjadi berkurang. Penggunaan poles marmer CONQ R DUST untuk menarik debu/kotoran kering secara rutin akan mengurangi kemungkinan terjadinya goresan pada lantai.

Lantai Tegel

Tips Membersihkan Lantai Keramik, Marmer, Tegel dan Kayu - www.iniunik.web.id
Pada jaman sekarang penggunaan lantai tehel dalam rumah kurang diminati, tetapi masih banyak pemilik rumah yang tetap setia menggunakannya.

Masalah utama yang sering dihadapi jika memakai lantai tehel yaitu lantai menjadi buram, masalah ini bisa diatasi dengan menggungakan sisa parutan kelapa yang sudah diambil sari santannya.

Parutan kelapa di gosokkan pada lantai tehel sampai bersih kemudian bersihkan parutan kelapa dengan sapu setelah bersih gosok lantai dengan sampai bersih, untuk menghilangkan bau bersihkan lantai dengan kain basah.

Lantai tehel akan kembali bersih seperti semula.

Lantai Kayu (Parket)

Tips Membersihkan Lantai Keramik, Marmer, Tegel dan Kayu - www.iniunik.web.id
Anda memiliki lantai dari bahan material kayu, kesan ruangan menjadi lebih hangat dan elegan. Tapi, untuk urusan perawatan, memilih memakai lantai kayu berarti ekstra perawatan. Karena perlakuan yang kurang tepat dapat merusak lantai yang dapat dibilang “sensitif” ini.

Untuk membersihkan ruangan, langkah pertama yakni meminggirkan furnitur di dalam ruangan. Pindahkan ke bagian tertentu sehingga Anda leluasa melakukan kegiatan bersih-bersih. Tapi, saat Anda memindahkan patut dicatat untuk tidak melakukan pergeseran furnitur, karena sekali geser dengan tekanan tertentu akan mengakibatkan lecet. Untuk menggeser furnitur, gunakan alas lembut seperti lap atau handuk. Letakkan pada bagian bawah furnitur ketika hendak memindahkannya.

Langkah selanjutnya, membersihkan lantai kayu dengan menggunakan sapu berbahan lembut. Atau gunakan penyedot debu untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada lantai kayu. Saat membersihkan gunakan lap kering. Lap basah oleh air akan meresap ke pori-pori lantai kayu dan dapat mengakibatkan kerusakan. Kemudian angkat sisa-sisa kotoran di lantai dengan menggosok secara melingkar agar lantai lebih bersih.

Untuk meringankan perawatan lantai kayu, Anda dapat mempergunakan karpet di atasnya. Karpet dapat melindungi lantai kayu untuk area yang kerap dilalui penghuni rumah. Perawatan dan kebersihan karpet juga tetap diutamakan agar debu tidak turun dan mengotori lantai kayu.

Patut Anda catat, bila memasuki ruang berlantai kayu sebaiknya tidak mengenakan alas kaki berat atau berhak tinggi. Karena sama seperti furnitur yang digeser akan menimbulkan goresan atau lekukan yang sulit hilang pada lantai kayu Anda.

Gunakan sapu berbulu lembut atau penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkannya.
Kemudian, lanjutkan dengan lap kering atau kain yang bersifat statis (menarik debu) untuk mengangkat sisa-sisa debu.

Ada baiknya jika lantai parket tidak dipel, karena air dapat menyebabkan kelapukan pada kayu.

Memang banyak produk parket yang tahan gores dan tidak dapat dirembesi air, namun kalaupun memang ingin mengepelnya, jangan terlalu sering dan pastikan kain pel tidak menetesi air ke lantai.

Jika sampai terkena noda makanan atau minuman, gunakan tisu atau lap kering. Kemudian, gunakan cairan khusus pembersih kayu parket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar